Pemerintah Siap Dukung Maskapai yang akan Buka Rute ke Amerika

Pemerintah Siap Dukung Maskapai yang akan Buka Rute ke Amerika

Sejak 15 Agustus 2016 lalu, Indonesia telah resmi naik peringkat dari kategori 2 ke kategori 1 oleh FAA (Federal Aviation Administration) dalam penerbangan. Oleh karena itu, Kementrian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan siap membantu maskapai Indonesia yang akan membuka rute penerbangan ke Amerika Serikat.

Kasubdit Operasi Penerbangan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Udara Kemenhub, Tri Nusiogo mengatakan, “Kami akan mendukung maskapai dengan melakukan pengawasan dan pembinaan agar selalu memenuhi standard ICAO. Kami juga bekerjasama dengan FAA jika mereka memerlukan penjelasan saat evaluasi maskapai yang mengajukan permohonan terbang ke Amerika”

Menurut Tri Nusiogo, ada tahapan yang harus dilalui agar maskapai asal Indonesia dapat melayani rute penerbangan ke Amerika antara lain :

1. Maskapai harus mengajukan permintaan ke Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub.
2. Ditjen Perhubungan Udara akan menyampaikan keinginan maskapai Indonesia tersebut kepada FAA untuk mendapat persetujuan, sesuai AOC 129 FAA.
3. Maskapai Indonesia harus melengkapi persyaratan terkait AOC 129 dari FAA.
4. FAA akan melakukan asessment terkait pemenuhan persyaratan AOC 129 kepada maskapai yang bersangkutan. Termasuk di antaranya meminta masukan dari Ditjen Perhubungan Udara terkait hal tersebut.

Tri menambahkan, “Ditjen Perhubungan Udara akan memberi masukan kepada FAA yang berhubungan dengan maskapai bersangkutan. Diharapkan FAA dapat percaya dan nantinya maskapai tersebut dapat terbang ke wilayah Amerika Serikat.”

Jika penerbangan ke Amerika akan menggunakan negara ketiga untuk tempat transit, Pemerintah melalui Ditjen Perhubungan Udara akan membantu untuk mendapatkan five freedom traffic right dari negara ketiga tersebut.

Hingga saat ini baru maskapai Garuda Indonesia yang berencana membuka rute penerbangan ke Amerika Serikat.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.