Perlancar Transportasi Laut dan Logistik, Kemenhub Luncurkan KM Sabuk Nusantara 106

Perlancar Transportasi Laut dan Logistik, Kemenhub Luncurkan KM Sabuk Nusantara 106

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah meluncurkan satu unit kapal perintis tipe GT 1200 yakni KM Sabuk Nusantara 106 pada Selasa (6/6/2017) kemarin.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Ditjen Perhubungan Laut, Bay M. Hasani mengungkapkan bahwa peluncuran kapal ini sebagai bentuk konkrit Pemerintah dalam usahanya menyatukan seluruh wilayah Nusantara. Contohnya dengan menyediakan transportasi laut yang memadai seperti kapal perintis tersebut.

Setelah diluncurkan, KM Sabuk Nusantara 106 akan beroperasi di wilayah perairan yang memiliki ketinggian gelombang rata-rata di atas 2 meter yang biasanya berada di wilayah perairan Samudera Hindia dan Indonesia Bagian Tengah/Timur.

Kapal perintis tipe GT 1.200 ini memiliki daya angkut penumpang sebanyak 404 orang dengan jumlah awak kapal 36 orang. Sedangkan untuk spesifikasi kapal, memiliki panjang seluruhnya (LOA) : 62,80 M, Panjang Antara Garis Tegak (LBP) 57,40 M serta lebar (moulded) (B)  12,00 M dengan tinggi (moulded) (H) : 4,00 M.

Lebih lanjut Bay Hasani menyatakan bahwa selama periode 2015 hingga 2017, Ditjen Hubla Kemenhub sudah membangun 100 unit kapal perintis.

“Pemerintah terus berupaya meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana transportasi laut serta kualitas layanan transportasi kepada masyarakat,” ujar Bay Hasani.

Di tempat terpisah, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, A. Tonny Budiono mengatakan bahwa transportasi laut merupakan sarana transportasi publik yang mampu mengangkut barang, penumpang hingga kendaraan bermotor dengan jumlah yang lebih banyak jika dibandingkan dengan sarana transportasi lainnya.

“Karena itu, angkutan laut sangat dibutuhkan dan berperan penting menjadi sarana transportasi terutama dalam melayani perpindahan logistik dari satu pulau ke pulau lainnya,” kata Tonny.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.