Permudah Arus Logistik Antar Daerah, Kemenhub Beri Subsidi Rp. 30 Miliar

Permudah Arus Logistik Antar Daerah, Kemenhub Beri Subsidi Rp. 30 Miliar

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siap mengalokasikan dana sebesar Rp 30 miliar untuk subsidi Angkutan Penyeberangan Jarak Jauh (Long Distance Ferry) rute Jakarta-Surabaya.

Adanya angkutan penyebrangan tersebut untuk mempermudah arus logistik antar daerah melalui jalur laut. Selain itu sebagai upaya mewujudkan program tol laut pemerintah serta mengurangi kepadatan arus lalu lintas di darat.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi di Terminal Tanjung Priok, Minggu(10/12/2017) mengatakan, “Tahun depan alokasi subsidi sekitar Rp 30 miliar.”

Manfaat dari adanya subsidi tersebut adalah tarif kapal menjadi lebih terjangkau bagi para pelaku usaha. Sebagaimana tarif kapal lintas Jakarta-Surabaya dikenakan Rp 3 juta per angkutan barang, namun diperkirakan tidak akan mencapai Rp 4 juta per kendaraan (truk).

Lebih lanjut Budi mengatakan, “Pelayanan angkutan lintas Jakarta-Surabaya diharapkan juga mampu mempersingkat waktu tempuh perjalanan logistik dan menekan biaya logistik sehingga dapat menciptakan kestabilan harga dan perekonomian di Indonesia.”

Angkutan penyebrangan lintas Jakarta-Surabaya akan dilayani oleh 2 Kapal yakni Kapal Motor (KM) Roro Prayasti yang dimiliki oleh PT Jagad Zambrud Khatulistiwa dari Jakarta menuju Surabaya dan Kapal Motor Penumpang (KMP) Ferrindo 5 milik PT ASDP Indonesia Ferry dari Surabaya menuju Jakarta.

Adapun untuk angkutan penyeberangan jarak jauh terdapat 14 trip untuk masing-masing kapal pada bulan Desember 2017, dengan rincian dalam satu minggu sebanyak dua kali pelayaran dari Jakarta dan dua kali pelayaran dari Surabaya.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.