bandara-mutiara-palu

Pesawat Berbadan Lebar Siap Mendarat di Palu 2016

Dengan perpanjangan runway atau landasan pacu, pesawat komersil berbadan lebar akan dapat mendarat di Bandara Mutiara Palu, Sulawesi Tengah pada tahun 2016 mendatang.

Menurut Kepala Bandara Mutiara Benyamin Noach Apituley, hingga kini pesawat yang bisa mendarat masih terbatas karena disesuaikan dengan kondisi bandara dan panjang runway atau landasan pacu. Nantinya, jika landasan pacu sudah mencapai 2.500 meter, maka pesawat berbadan lebar sudah bisa mendarat di Bandara Palu.

“Hingga saat ini, proses perpanjangan landasan pacu sedang dilakukan. Jika saat ini panjang runway masih 2.250 meter, maka nantinya akan menjadi 2.500 meter”, kata Benyamin.

Dilansir dari antaranews, Benyamin juga mengatakan kalau saat ini beberapa maskapai penerbangan yang melayani rute dari dan ke Palu meliputi Batik Air, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Wings Air, Lion Air, Avia Star dan Express Air. Semakin banyak maskapai membuka rute ke Palu, maka akan semakin menguntungkan bagi pemerintah dan masyarakat di Sulawesi Tengah.

Apalagi dengan adanya kebijakan pemerintah soal bebas visa bagi 94 negara di dunia, pastinya akan membawa dampak positif terhadap kemajuan ekonomi di propinsi ini. Pendapatan Asli Daerah (PAD), pendapatan per kapita masyarakat dan juga perolehan devisa dari kunjungan wisatawan ke Sulawesi Tengah akan semakin meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Di samping itu, arus penumpang yang tiba dan diberangkatkan dipastikan pula semakin meningkat seperti yang terjadi dalam kurun tiga tahun terakhir ini jumlah penumpang cenderung meningkat signifikan. Benyamin juga mengatakan, arus penumpang yang diberangkatkan hanya berkisar 800 orang per hari. Tetapi sekarang ini dapat mencapai 1.500 orang per hari. Pada 2016, arus penumpang dipastikan lebih banyak lagi karena selain prasarana dan fasilitas bandara semakin memadai, juga kebijakan bebas visa akan mendorong investor dan wisatawan berdatangan ke Sulteng.

source : beritatrans

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.