C919_800

Pesawat C919 China Sukses Jalani Terbang Perdana

Pesawat jet penumpang C919 mampu meraih kesuksesan saat uji terbang perdana. Pesawat tersebut mampu lepas landas, mendarat, dan terbang selama 90 menit dari Bandara Internasional Pudong di Shanghai, China pada Jumat(5/5/2017) lalu.

Pesawat buatan China tersebut memiliki spesifikasi daya tampung 150 kuris dan daya jelajah hingga 4.075 kilometer.

Dilansir dari CNBC, Senin (8/5/2017), pembuatan pesawat C919 digunakan untuk bersaing dengan Airbus A320 dan Boeing 737 di kategori pesawat komersial penumpang.

Begitu juga dengan Commercial Aircraft Corp of China, yang merupakan perusahaan pembangun pesawat C919 menyatakan bahwa sudah ada 21 konsumen yang memesan pesawat tersebut dengan total 500 unit pesawat. Nantinya, jumlah penjualan diharapkan bisa mencapai 2.000 unit.

China dikenal sangat ambisius untuk bisa menjadi pemain global dalam bisnis bidang aviasi atau penerbangan dan melawan dominasi Airbus dan Boeing yang selama ini menguasai bisnis penjualan pesawat. Hal tersebut pernah dilontarkan juga oleh Presiden Xi Jinping agar China dapat menjadi pemain penting di industri global.

Beijing pun menyatakan bahwa pengembangan dan produksi mesin dan pesawat di dalam negeri menjadi tujuan nasional. Kesuksesan penerbangan perdana C919 menjadi momen penting bagi negeri Tirai Bambu itu untuk melaksanakan ambisinya.

Namun, hal tersebut masih butuh waktu cukup lama agar calon konsumen bisa menikmati pesawat C919. Pesawat tersebut masih harus menjalani uji keamanan dan pengecekan sertifikasi.

China digadang-gadang bisa menyalip Amerika Serikat sebagai pasar penerbangan terbesar di dunia pada tahun 2024 menurut versi International Air Transport Association (IATA).

Jika hal tersebut benar-benar terjadi, maka banyak industri lain yang akan terkena dampak. Mulai industri pabrikan pesawat, maskapai penerbangan, perusahaan logistik, hingga industri pariwisata.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.