Pesawat Sriwijaya Air Tergelincir di Bandara Manokwari Saat Mendarat

Pesawat Sriwijaya Air Tergelincir di Bandara Manokwari Saat Mendarat

Pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 570 dengan rute Sorong-Manokwari tergelincir saat mendarat di Bandara Rendani, Manokwari pagi ini Rabu(31/5/2017) pukul 8.51 WIT.

Adanya insiden tersebut dibenarkan pihak manajemen Sriwijaya Air. Senior Manager Corporate Communication Sriwijaya Air Agus Soedjono mengatakan, “Pilot pesawat telah melakukan proses pendaratan sesuai prosedur. Namun, kondisi saat itu hujan lebat dan pesawat keluar landasan.”

Diketahui bahwa pesawat jenis Boeing 737-300 itu tergelincir dari landasan pacu sejauh 20 meter. Dan kondisi di sana sedang hujan lebat. Untungnya dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa dan sebanyak 146 penumpang beserta 4 awak kabin dinyatakan selamat.

“Evakuasi penumpang sudah dilakukan dan semuanya selamat,” ujar Agus.

Akibat kejadian pesawat tergelincir, semua aktifitas penerbangan di Bandara Manokwari dihentikan dan bandara ditutup sementara. Penutupan bandara dilakukan berdasarkan NOTAM dari Direktorat Jendral Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan untuk melakukan evakuasi badan pesawat Sriwijaya Air tersebut.

Agus Soedjono mengatakan, “Saat ini pesawat masih dalam proses evakuasi dari luar landasan kembali ke landasan.”

Mengetahui adanya pesawat tergelincir, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) hari ini akan memberangkatkan tim untuk proses investigasi atas kejadian tergelincirnya pesawat dengan nomor lambung PK-CJC tersebut.

“Siang ini kami akan kirim tim investigasi,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.