presiden-jokowi-resmikan-bandara-miangas-hari-ini

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Miangas Hari Ini

Presiden Jokowi dijadwalkan hari ini Rabu(19/10/2016) akan meresmikan Bandara Miangas yang terletak di Pulau Miangas, Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara.

Presiden dan Ibu Negara Iriana didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya akan meresmikan bandara yang berada di perbatasan utara Indonesia dengan Filipina tersebut. Rencananya, Presiden Jokowi dan rombongan akan datang ke Miangas pada pukul 09.00 WITA dari Manado.

Pembangunan Bandara Miangas bertujuan untuk mendukung dan memperkuat pertahanan serta keamanan. Selain itu juga untuk memperlancar distribusi kebutuhan pangan bagi masyarakat Pulau Miangas.

Bandara Miangas dibangun sejak tahun 2012 dan memiliki runway atau landasan pacu sepanjang 1.200 meter dan ke depannya akan diperpanjang menjadi 1.400 meter.

Selain meresmikan Bandara Miangas, Presiden Jokowi juga akan meresmikan du bandara lainnya yakni Bandara Tanjung Api dan Bandara Kasiguncu yang juga berada di Sulawesi.

Dilansir dari keterangan Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bambang Ervan mengatakan, “Presiden juga akan melakukan peresmian Bandara Tanjung Api di Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah dan Bandara Kasiguncu di Poso, Sulawesi Tengah.”

Bandara Tanjung Api di Tojo Una-Una dibangun dengan dana sebesar Rp. 452 miliar. Bandara tersebut memiliki runway sepanjang 2.110 meter dan lebar landasan 30 meter sehingga bisa didarati pesawat jenis ATR 72.

Sedangkan pembangunan Bandara Kasiguncu mulai dibangun pada tahun 2013 dan selesai tahun 2015. Pembangunan bandara tersebut menelan biaya sekitar Rp. 102 miliar. Bandara Kasiguncu memiliki runway sepanjang 1.850 meter dan lebar landasan 30 meter sehingga mampu untuk didarati pesawat jenis ATR72 juga.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.