presiden-jokowi-resmikan-terminal-baru-npct1

Presiden Jokowi Resmikan Terminal Baru NPCT1

Presiden Jokowi hari ini Selasa(13/9/2016) meresmikan Terminal Peti Kemas Kalibaru atau yang sering disebut New Priok Container Terminal One (NPCT1) di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Presiden Jokowi dijadwalkan melakukan peresmian pada pukul 09.00 WIB. Lokasi peresmian tersebut dilakukan di Jalan Terminal Kalibaru Raya Kav. B No. 1 Kelurahan Kali Baru, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Dalam meresmikan terminal baru tersebut, Presiden Jokowi juga didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.

Sebelum diresmikan oleh Presiden Jokowi, kemarin pada Senin(12/9/2016) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama PT Pelindo II Elvyn Masassya telah melakukan peninjauan dan pengecekan untuk persiapan peresmian terminal baru ini.

Terminal Kalibaru atau NPCT1 sebenarnya sudah dioperasikan pada 18 Agustus 2016 lalu. Pengoperasian terminal ini dilakukan oleh Joint Venture Company antara IPC TPK dan Konsorsium Mitsui – PSA – NYK Line, yaitu PT New Priok Container Terminal One. Dengan adanya Terminal Petikemas Kalibaru atau NPCT1, maka kapasitas atau daya tampung terminal petikemas ini akan bertambah 1,5 juta TEUs/ tahun.

Tujuan dibangunnya Terminal Kalibaru adalah untuk meningkatkan kapasitas tampung guna mengantisipasi pertumbuhan arus petikemas dan cargo di Pelabuhan Tanjung Priok yang semakin meningkat. Sebelumnya, penanganan petikemas di Pelabuhan Tanjung Priok mampu menangani kapasitas sekitar 5 juta TEUs/tahun pada periode 2009-2010. Kemudian dalam jangka pendek, kenaikan kapasitas ditanggulangi dengan cara konfigurasi terminal, penambahan peralatan dan penataan pola operasi sehingga mencapai kapasitas 7 juta TEUs/tahun.

Dalam jangka panjang kapasitas Pelabuhan Tanjung Priok akan bertambah mencapai 11,5 juta TEUs/tahun setelah seluruh pembangunan Terminal Kalibaru selesai.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.