pelabuhan_tanjung_priok

Program Tol Laut Bisa Pangkas Harga Barang

Program ‘tol laut’ yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi) terus berjalan, salah satunya angkutan kapal barang berjadwal yang hari ini diluncurkan. Program ini mencakup distribusi barang lewat laut hingga daerah terpencil di Indonesia bagian timur. Program ini diyakini akan dapat memangkas biaya distribusi barang hingga 30% lebih.

“Data Kemendag beberapa bulan, testing program ini, harga di daerah terpencil turun 30%, dibandingkan sebelumnya. Angka yang signifikan. Ini langkah kongkrit yang bagus,” kata Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Lembong, saat peluncuran Kapal ‘Tol Laut’ di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (4/11/2015).

Lembong mengatakan, selama ini disparitas harga sangat tinggi antara barang-barang di Indonesia bagian barat dengan harga barang di Indonesia Timur. Kondisi dipengaruhi persoalan tata niaga dan transportasi.

“Biaya logistik Indonesia selama ini di atas negara tetangga, karena soal tata niaga kemudian transportasi. Dengan ada moda transportasi kapal yang disubsidi, maka ini merupakan terobosan luar biasa karena bisa menurunkan barang di ujung,” ujarnya.

Setelah peluncuran program Tol Laut ini, Lembong berpesan kepada operator kapal yakni PT Pelni (Persero) untuk melayani masyarakat dan pengguna jasa dengan baik.

“Mohon nasabah dilayani dengan sebaik-baiknya. Ini bagian revolusi mental karena nasabah dan masyarakat dilayani dengan baik agar arus barang bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

 

detik

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.