PTDI dan LAPAN Kerjasama Buat Pesawat N245

PTDI dan LAPAN Kerjasama Buat Pesawat N245

PT Dirgantara Indonesia (PTDI) bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) akan bekerja sama mengerjakan proyek pembuatan pesawat N245. Rencana pengerjaan pesawat tersebut akan dimulai  pada 2017 ini dan diperkirakan selesai tahun 2019 mendatang.

Saat pengerjaan pembuatan pesawat selesai, PTDI dan LAPAN akan melakukan serial production atau produksi massal hingga 12 unit pesawat. Ketika produksi selesai, nantinya diharapkan yang menjadi pengguna pertama adalah maskapai-maskapai penerbangan dalam negeri.

Seperti dilansir dari detikFinance, Rabu(01/03/2017), Direktur Produksi PTDI, Arie Wibowo mengatakan, “Paling penting sebagai PSN (Proyek Strategis Nasional) harus barangnya yang dibeli dan dipakai oleh maskapai nasional. Kami mengharapkan maskapai Garuda Indonesia sebagai launching customer atau minimal Pelita Air.”

Menurut Arie Wibowo, jika tidak didahului oleh maskapai lokal yang menggunakan pesawat N245, maka maskapai luar negeri juga akan ragu membeli pesawat buatan Indonesia ini.

“Kalau enggak dibeli maskapai Indonesia sendiri, maskapai lain juga ngapain mau beli,” kata Arie.

Untuk proyek awal, PTDI dan LAPAN akan mengeluarkan 3 prototipe pesawat N245, dua di antaranya akan dijual ke maskapai dalam negeri. Setelah itu, produksi massal akan dimulai dengan memproduksi 12 pesawat N245 setiap tahunnya.

“Kita sekarang design development 2-3 prototipe. Harapan kita bisa bikin serial production 12 pesawat per tahun,” ujar Arie.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.