N219

PTDI Jual Pesawat Kecil Rp 70 Miliar untuk Penerbangan Antar Pulau

PT Dirgantara Indonesia (PTDI) sudah selesai membuat prototype sebuah pesawat kapasitas kecil, yang dinilai tepat untuk transportasi udara kawasan kepulauan seperti Indonesia. Jika lolos sertifikasi, direncanakan pesawat tersebut akan diproduksi secara massal pada 2016 mendatang.

“Pesawat kecil jenis N-219, dengan kapasitas 19 tempat duduk. Sangat efektif sebagai sarana angkutan antar-kabupaten dengan jarak 200 kilometer. Pesawat ini cocok untuk digunakan di Indonesia yang berupa negara kepulauan,” ujar Menteri Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M Nasir, di Solo, Selasa, (24/3/2015).

Dikatakannya, prototype pesawat tersebut telah selesai dibuat dan saat ini tinggal menunggu hasil uji. Bila dinyatakan lulus, kata Nasir, PTDI akan segera melakukan produksi massal pesawat tersebut pada 2016 mendatang.

“Pembuatan prototype pesawat menghabiskan dana Rp 150 miliar. Harga pesawat nantinya akan dijual sekitar Rp 70 miliar. Harga itu jauh lebih kompetitif dibanding pesawat sejenis yang diproduksi luar negeri. Sejumlah negara tetangga sudah menunjukkan minat untuk membelinya, tapi kita akan prioritaskan kebutuhan dalam negeri dulu,” ujar Nasir.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.