tol-cipali-cikopo

Rest Area di Tol Cipali Sudah Berfungsi

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Hediyanto W Husaini menjelaskan persiapan seluruh jalan nasional untuk menghadapi Lebaran 2015.

Hediyanto menyebutkan, untuk jalur mudik Jawa Barat (Jabar) merupakan jalur yang paling pada sebab tidak memiliki jalur tengah. Dengan adanya, Tol Cikopo-Palimanan(Cipali) menjadi bantuan sendiri untuk jalur mudik di Jabar.

“Nanti akan terjadi tiga jalur dan akan terjadi kemacetan di Pejagan. Tol Cipali sesuai dengan informasi sampai hari ini ada dua rest area yang beroperasi, diharapkan H-7, delapan rest area sudah beroperasi penuh. Toilet sudah beroperasi, SPBU, mesjid, restoran belum beroperasi penuh,” kata Hediyanto saat Rakor Arus Mudik Lebaran 2015 di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Hediyanto melanjutkan, beroperasinya tol Cipali juga akan memecah kepadatan kendaraan yang biasanya terjadi di Simpang Jomin. Di mana, tol tersebut akan mengurangi mobil.

Untuk jalur Jawa Tengah, Hediyanto menuturkan, sudah memiliki tiga jalur namun masih ada beberapa perbaikan jembatan dan juga jalur-jalur yang bersimpangan dengan jalur kereta api. “Lalu tol yang belum selesai Pejagan-Brebes,” tambahnya.

Meski belum selesai, kata Hediyanto, pemerintah akan tetap memanfaatkan ruas tol Pejagan-Pemalang yang akan digunakan pada arus mudik Lebaran 2015.

“Karena arus dari barat sangat cepat, lalu ada penyaluran kita akan memanfaatkan Pejagan-Pemalang yang jalurnya 20 km masih krikil tetapi kita spray dengan aspal, nanti kita jaga dengan banyak pos, nanti mungkin di brebes akan ada titik pertemuan yang rumit, alat berat kita siagakan di lokasi,” kata dia.

Untuk jalur Jawa Timur, Hediyanto menuturkan, harus memperhatikan jembatan-jembatan yang masih dalam tahap perbaikan. Untuk Kalimantan, sudah siap akan dioperasikan secara penuh pada H-15.

“Lampung, kita akan Bakeuheuni pelepasan, ada lintas timur dan pantai timur,” tukasnya.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.