jokowi-vladimir-putin-meeting-sochi

Rusia Minat Investasi Rel Kereta di Kalimantan

Presiden Jokowi pada Rabu kemarin (18/5/2016) waktu setempat terbang ke Rusia dalam rangka pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Pertemuan tersebut digelar di kediaman Presiden Putin, Bocharov Ruchei, di Sochi, Rusia.

Usai pertemuan, kedua kepala negara tersebut melakukan penandatanganan kerja sama dan menggelar konferensi pers. Presiden Putin membeberkan beberapa proyek Rusia di Indonesia, baik yang sudah berjalan maupun yang akan datang.

Dalam jumpa pers di Sochi Rabu(18/5/2016), Vladimir Putin mengatakan, “Bapak Jokowi sedang dalam proses melaksanakan program pembangunan infrastruktur skala besar, dan pihak Rusia bersedia memberikan segala dukungan kepada mitra kerja.”

Putin pun menjelaskan tentang salah satu dari proyek Rusia yang dikerjakan di Indonesia adalah pembangunan jalur kereta api di Kalimantan.

“Ada kerja sama besar antara Indonesia dengan Rusia yakni pengembangan jalur kereta api di Kalimantan beserta prasarananya. Diperkirakan membutuhkan lebih dari 2.000 orang yang bekerja di proyek tersebut,” ujar Putin.

Selain proyek rel kereta, ada juga rencana kerjasama dalam tambang nikel dan aluminium. Pihak Rusia bersedia menyediakan berbagai jenis kapal hingga pelabuhan terapung.

“Kami melihat peluang yang sangat besar di bidang energi. Ada proyek skala besar seperti Rosneft. Kemudian ada juga rencana membangun industri perminyakan dengan investasi sebesar US$ 13 miliar,” imbuh Putin.

Selain itu, kata Putin, ada juga investasi pembangkit listrik dengan nilai investasi mencapai US$ 1,8 miliar.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.