Pelabuhan-Patimban-Subang-JawaBarat

Studi Kelayakan Selesai, Pelabuhan Patimban Akan Segera Dibangun

Kementerian Perhubungan telah melakukan uji kelayakan untuk pembangunan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Pembangunan pelabuhan tersebut nantinya dapat mengurai kepadatan aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) selaku penanggungjawab program pembangunan Pelabuhan Patimban Subang telah merampungkan studi kelayakan yang meliputi kajian nilai bisnis hingga faktor lingkungan (AMDAL).

Dirjen Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan, Tonny Boediono, Senin(16/5/2016) mengatakan, “Uji kelayakan yang kita lakukan untuk menghitung nilai bisnis. Selain itu dapat diketahui dari alurnya apakah bisnis ini layak atau tidak. Kemudian masalah dengan tingkat sedimentasinya seperti apa dan bagaimana pengaruhnya terhadap lingkungan.”

Setelah studi kelayakan yang dilakukan selesai, maka langkah selanjutnya adalah merancang desain Pelabuhan Patimban.

“Setelah studi kelayakan, berikutnya adalah DED (Detail Engineering Design). Dari situ kita bisa memperkirakan desain apa yang cocok untuk itu,” ujar Tonny.

Untuk pengembangan Pelabuhan Patimban, Kemenhub akan mencari dan bekerjasama dengan mitra internasional. Mitra ini nantinya akan memberi pinjaman dana.

Hingga saat ini, negara Jepang paling tertarik untuk investasi dalam pembangunan Pelabuhan Patimban. Jepang akan memberi pinjaman  dalam bentuk Special Terms for Economic Partnership (STEP) dengan bunga berkisar 0,1%.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.