Sungai-Citarum

Sungai Citarum Diproyeksikan Jadi Jalur Transportasi

Pagi ini PT Cikarang Listrindo mendatangi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam rangka meminta izin menormalisasi Sungai Citarum.

Corporate Comunication PT Cikarang Listrindo, Rifki Hakim menjelaskan, pihaknya ingin menggunakan 12 kilometer (km) sebagai tempat transportasi batu bara. Namun, karena lokasinya berada di Bekasi Laut daerah Bekasi Utara, normalisasi codet Cikarang Bekasi Laut (CBL) harus dimintai Izin.

“Jadi ya tadi kita ketemu dengan Pak Menteri untuk bicarakan pemanfaatan alur sungai CBL. Ini akan kita gunakan untuk angkutan batu bara. Sehingga kami perlu minta izin dinormalisasi,” ujar Rifki, usai menemui Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, di Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (7/9/2015).

Dia menjelaskan, proses normalisasi membutuhkan waktu kurang lebih delapan bulan sampai satu tahun. Pihaknya membutuhkan kedalaman lebih dari 4 meter. Untuk lebar sudah cukup. Namun dirinya, enggan mengatakan berapa nilai inves yang disiapkan untuk menormalisasikan sungai tersebut.

“Investasinya okelah untuk bisa membangun,” ujarnya.

Cikarang Listrindo menegaskan bukan meminta bantuan untuk menormalisasi sungai tersebut, lebih kepada meminta izin, di mana pengerjaannya akan dilakukan oleh perusahan listrik swasta ini.

“Kami mencoba bantu menormalisasi kali CBL ini. Sebelumnya kalo untuk kepentingan transportasi, ini masih kurang yah untuk kedalamannya. Jadi, mungkin bisa digunakan untuk transportasi nantinya. Selain itu normalisasi CBL ini bisa juga untuk mengurangi banjir ke bekasi,” tuturnya.

Untuk diketahui, Cikarang Listrindo merupakan industri pembangkit listrik yang mensuplai lima kawasan industri seperti Jababeka, Lippo, Egip, MM 2000, dan Hyundai.

Saat ini, Cikarang Listrindo memiliki 840 mw, dengan tenaga uap menggunakan bahan bakar gas. Di mana saat ini, Cikarang Listrindo berupaya menambah industri listriknya lewat batubara yang saat ini prosesnya sedang dimintai izin untuk pendistribusian lewat jalur sungai Citarum. (okz)

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.