Terimbas Cuaca Ekstrim, Puluhan Kontainer Terjatuh dari Kapal My Efficiency

Terimbas Cuaca Ekstrim, Puluhan Kontainer Terjatuh dari Kapal YM Efficiency

Adanya cuaca ekstrim menyebabkan sebanyak 83 kontainer terjatuh dan hilang dari kapal YM Efficiency. Kejadian tersebut berada saat kapal tersebut berlayar di perairan sekitar 30 km dari Port Stephens, New South Wales, Australia.

Dilansir dari beritatrans, Minggu(03/06/2018), Direktur Eksekutif New South Wales Roads and Maritime Services, Angus Mitchell, Sabtu (2/6/2018), mengatakan, “Puluhan kontainer berisi penuh muatan itu diyakini terjatuh dari kapal sepanjang 268 meter tersebut pada Kamis (31/5/2018).”

Mitchell mengungkapkan selain puluhan kontainer hilang, ada sebanyak 30 kontainer lainnya yang mengalami kerusakan.
Lebih lanjut Mitchell menjelaskan bahwa dua kontainer dari 83 unit yang jatuh sudah terlihat sekitar 100 meter di lepas pantai dari Fingal Bay dan Pulau Boondelbah dekat Port Stephens.

Karenanya, New South Wales Roads and Maritime Services menyarankan siapa pun yang berlayar di pantai utara agar waspada. Pelaut juga diingatkan untuk mewaspadai kemungkinan adanya bahaya.

Anggota masyarakat juga diminta melaporkan setiap penampakan dari kontainer yang jatuh ke Otoritas Keselamatan Maritim Australia.
New South Wales Roads and Maritime Services juga bekerja dengan AMSA dan agen-agen kapal serta perusahaan asuransi untuk memastikan penemuan dan evakuasi kontainer. Meski tanggung jawab terhadap kontainer itu ditanggung oleh operator kapal.

Di tempat terpisah, Steven Ka, juru bicara YM Efisiensi, mengatakan bahwa para kru kapal tersebut selamat dan tidak ada yang terluka dalam insiden tersebut. Dia juga mengatakan bahwa tidak ada kerusakan pada kapal tersebut dan kini masih berlayar menuju Port Botany. Dan posisi kapal itu sedang berada di 12 mil laut di lepas pantai Utara.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.