terminal-2-bandara-soetta-lion-air

Terkait Insiden Lion Air, Kepala Otoritas Bandara Soekarno-Hatta Dimutasi

Selang beberapa hari setelah insiden penumpang penerbangan internasional dari Lion Air yang diturunkan di terminal kedatangan domestik Bandara Soekarno-Hatta, Kepala Otoritas Bandara Wilayah I Soekarno-Hatta, Muzaffar Ismail dimutasi.

Muzaffar Ismail sebenarnya baru menjabat selama empat bulan, kemudian dimutasi menjadi Kepala Otoritas Bandara Wilayah II Kualanamu. Sebagai ganti dari Muzaffar adalah Herson. Keduanya dilantik bersama dengan pelantikan pejabat eselon II Kementerian Perhubungan lainnya.

Sebelumnya, rencana penggantian Muzaffar sudah dikemukakan Dirjen Perhubungan Udara Suprasetyo. Suprasetyo mengatakan untuk segera merotasi Kepala Otoritas Bandara Soekarno-Hatta. Rotasi tersebut berhubungan dengan kesalahan prosedur layanan antarjemput penumpang dan ground handling maskapai Lion Air di Bandara Soekarno-Hatta dan Air Asia di Bandara Ngurah Rai Bali.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo menjelaskan, rotasi tersebut dilakukan karena pihak Kemenhub yang ada di bandara sudah lalai dengan tidak menginformasikan kejadian tersebut ke Ditjen Perhubungan Udara. Sehingga insiden tersebut terlebih dulu menyebar di media sosial dan internet.

Suprasetyo mengatakan, “Otoritas bandara tidak dapat informasi apapun dari maskapai, ground handling, imigrasi, bea cukai dan karantina. Dan sanksi sudah dijatuhkan kepada aparat kami di Kemenhub.”

Hingga pada akhirnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memutuskan segera merotasi Kepala Otoritas Bandara.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.