terminal-baru-husein-sastranegara-bandung

Terminal Baru Bandara Husein Sastranegara Resmi Beroperasi Hari Ini

Terminal baru Bandara Husein Sastranegara Bandung, Jawa Barat resmi beroperasi hari ini, Rabu (6/4/2016) yang sebelumnya selama 18 bulan mengalami masa pembangunan.

Terminal baru dengan desain arsitektur Sunda “Julang Ngapak” ini, mampu menampung 1 juta penumpang per tahun.

General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara Bandung, Dorma Manalu mengatakan, “Penumpang maskapai penerbangan Lion Air rute Bandung-Makassar akan menjadi yang pertama memanfaatkan fasilitas terminal baru. Para penumpang dijadwalkan mulai check in dan boarding pada Rabu pukul 04.00 WIB. Kemudian disusul oleh penumpang Lion Air rute Bandung-Surabaya yang take off dari Bandung pukul 06.00 WIB.”

Dorma mengatakan, mulai Rabu pagi seluruh layanan penerbangan dipindahkan dari terminal lama ke terminal baru. Sedangkan terminal lama akan direnovasi selama 6 bulan ke depan. Setelah renovasi selesai, terminal lama akan dijadikan sebagai terminal kedatangan dan keberangkatan penumpang internasional.

“Perpindahan dari terminal lama ke terminal baru ini juga berkaitan dengan penempatan perangkat bea cukai. Jadi selama enam jam, akan dilakukan pemindahan perangkat, imigrasi dan lainnya. Dan dijadwalkan selesai dalam waktu semalam. Sedangkan untuk perangkat boarding dan check in sudah terkoneksi pada Senin (4/4/2016) lalu” ujar Dorma.

Di terminal baru bandara Husein Sastranegara terdapat sejumlah fasilitas dan layanan baru. Ruang tunggu lebih luas dari terminal sebelumnya. Sehingga penumpang yang tiba di bandara merasa lebih nyaman. Begitu juga untuk layanan check-in dan boarding, jauh lebih leluasa.

Untuk desain arsitektur, terminal baru Bandara Husein Sastranegara dibangun dengan konsep nuansa modern dan nuansa warna cokelat. Selain memiliki meja layanan untuk check in dan boarding lebih banyak, terminal baru juga dilengkapi ruang tunggu yang melayani tiga pintu masuk pesawat atau lebih banyak dibandingkan satu pintu di terminal lama. Tak hanya memberikan fasilitas modern, terminal baru ini juga dilengkapi dengan sejumlah lukisan karya seniman Kota Bandung yang dihibahkan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Sampai saat ini, jumlah maskapai penerbangan dari Bandara Husein ada 10 maskapai, di antaranya Lion Air, Air Asia, Ekspres Air, Kalstar, Wings Air, Garuda Indonesia, Silk Air, Citilink, Nam Air, dan Malindo. Untuk jadwal penerbangan langsung internasional yakni rute ke Singapura, Kuala Lumpur, dan Johor. Sedangkan jadwal penerbangan domestik yakni rute ke Semarang, Surabaya, Denpasar, Solo, Palembang, Medan, Makassar, Pekanbaru, Batam, dan Bengkulu.

“Sementara ini, beberapa maskapai penerbangan sudah ada yang mengajukan penambahan rute baru. Di sisi lain, PT Angkasa Pura II juga menawarkan dan mendorong pembukaan rute internasional ke sejumlah lokasi wisata di Malaysia dan Thailand. Responnya cukup bagus,” ucap Dorma.

Dorma berharap dengan dioperasikannya terminal baru dan nantinya terminal internasional baru, akan meningkatkan jumlah penumpang pesawat terbang dan wisatawan ke Kota Bandung.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.