Tidak Punya Izin, API Langsung Dibekukan

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengaku serius dalam menangani importir yang tidak tertib administrasi di bidang impor dan mengatasi permasalahan dwelling time di pelabuhan. Hal ini dilakukan agar menciptakan para importir yang handal.

Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Partogi Pangaribuan mengatakan, jika importir tidak taat akan administrasi, seperti misalnya tidak mempunyai izin, maka Angka Pengenal Importir (API) akan langsung dibekukan tanpa diberi peringatan terlebih dahulu.

“Langsung dibekukan. Berarti langsung di-lock dia (pengusaha importir) tidak bisa impor. Enggak ada peringatan,” tegasnya di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (3/7/2015).

Dia menjelaskan, peraturan tersebut serupa dengan negara-negara tetangga lainnya yang sudah lebih dulu menerapkan peraturan beserta sanksinya.

“Itu di Malaysia dan Singapura sama. Sebelum impor, izin harus ada dulu. Kalau enggak, ya enggak bisa diberangkatkan barang impornya,” terang dia.

Melalui peraturan baru ini, Partogi menilai, langkah ini sudah sangat tepat agar dapat menciptakan para importir yang andal ke depannya.

“Saya rasa kita tidak berlebihan di dalam menyelesaikan masalah ini,” cetusnya.

 

sumber : okezone.com

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.