Tingkatkan Industri Kelautan, Kemenperin Dorong Kemajuan IKM Galangan Kapal

Tingkatkan Industri Kelautan, Kemenperin Dorong Kemajuan IKM Galangan Kapal

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sedang mendorong kemajuan Industri Kecil Menengah (IKM) galangan kapal yang ada di berbagai daerah demi ikut meningkatkan kemajuan industri kelautan.

Direktur IKM Logam, Mesin, Elektronika, dan Alat Angkut Kemenperin, Endang Suwartini mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan pembinaan terhadap sumber daya manusia (SDM) IKM galangan kapal. Pengembangan yang dilakukan berupa pemberian bimbingan teknis perbaikan kapal dan juga sertifikasi kompetensi SDM IKM pembuatan kapal.

Endang mengatakan, “Kami harap pemberian bimbingan teknis dapat meningkatkan pengetahuan dan juga membuka wawasan bagi para SDM IKM kapal, baik dari segi teori teknis maupun manajemen usaha. Selain itu melalui sertifikasi kompetensi SDM kapal, diharapkan dapat meningkatkan kualitas kapal dan meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen.”

Sementara itu, Direktur Jenderal IKM Kemenperin Gati Wibawaningsih mengatakan bahwa IKM telah menjadi tulang punggung perekonomian nasional serta merupakan sektor yang mendominasi industri di Indonesia.

Dalam kunjungan kerja ke PT Barokah Marine Pekalongan, Gati mengatakan, “IKM mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap devisa negara dan penyerapan tenaga kerja.”

Saat kunjungan kerja tersebut, Gati dan rombongan melihat langsung proses pembuatan kapal di perusahaan IKM yang memproduksi kapal tongkang, ponton, keruk, dan paralon. Tak hanya produksi kapal, Barokah Marine juga melayani reparasi kapal dan modifikasi kapal.

Gati menambahkan jika peranan IKM sangat signifikan baik dalam memproduksi kapal nelayan maupun jasa perbaikan kapal.

“Hampir di setiap daerah di Indonesia terdapat IKM kapal, seperti yang berada di Kota Pekalongan,” ujar Gati.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.