Tips Bertahan Hidup Saat Keuangan Menipis

Tips Bertahan Hidup Saat Keuangan Menipis

Pernahkah Anda mengalami kejadian saat keuangan menipis? Atau dengan kata lain Anda sedang mengalami bokek.

Jika Anda berasal dari keluarga kaya raya mungkin tidak akan mengalami yang namanya bokek. Anda akan selalu berada dalam kelimpahan uang. Namun jika Anda memiliki keuangan yang pas-pasan dan tiba-tiba sedang bokek, apa yang harus Anda lakukan?

Dilansir dari halomoney, ada tiga cara yang bisa Anda lakukan saat keuangan sedang menipis untuk dapat bertahan hidup dan kembali bangkit. Simak ulasannya berikut ini :

1.Uang Kaget

Banyak diantara Anda yang kadangkala atau bahkan sering menyimpan beberapa lembar uang kertas di tempat yang tak terduga. Bisa saja di bagian terdalam laci lemari atau di bawah kasur. Jika demikian, Anda bisa segera mengambil uang kaget tersebut dan menggunakannya untuk bertahan sampai mendapat pemasukan lagi.

2. Buat Rencana Anggaran/Budgeting

Cara kedua adalah hitung pengeluaran untuk periode ke depan dan pangkas kebutuhan yang tidak diperlukan. Hal ini penting agar Anda membelanjakan uang untuk hal-hal yang tidak bisa ditunda lagi. Coba juga lakukan negosiasi untuk biaya rutin. Sebagai contoh jika Anda bertempat tinggal di rumah kos, coba negosiasikan dengan pemilik kos mengenai kondisi Anda dan mintalah jangka waktu yang wajar untuk hal pembayaran kos.

3. Menggadaikan Barang

Anda bisa pergi ke pegadaian untuk menggadaikan beberapa barang berharga dan mendapatkan uang tunai dengan cepat. Hal ini berguna jika Anda tidak mempunyai tabungan. Daripada Anda berhutang ke lintah darat dan bunganya tinggi, menggadaikan barang masih termasuk pilihan rasional dan wajar untuk dapat bertahan hidup selama masa keuangan menipis/bokek.

Nah, semoga tips ini bermanfaat. Bijaklah dalam menggunakan uang Anda.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.