Tips Hemat Cek Kesehatan Mobil dengan 5 Alat Ini

Tips Hemat Cek Kesehatan Mobil dengan 5 Alat Ini

Jika kantong Anda terkuras hanya karena untuk mengecek apakah kondisi mobil sehat atau tidak, maka Anda bisa menggunakan 5 alat ini untuk mendeteksi kerusakan yang dapat menghemat uang Anda.

Dilansir dari Autoguide, berikut adalah alat-alat tersebut :

  1. Vehicle OBD 2

Alat utama diagnostik elektronik untuk kendaraan. Alat ini kecil dan dapat dihubungkan dengan sebagian besar kendaraan keluaran tahun 1996 dan sesudahnya. Selain itu, alat ini dapat terhubung ke smartphone melalui koneksi Bluetooth.

  1. Multimeter

Multimeter dapat membantu dalam mendiagnosis berbagai macam kemungkinan masalah. Dengan ukuran kecil seperti OBD 2, dapat digunakan untuk memeriksa ketahanan di sirkuit atau memeriksa komponen yang buruk akibat tidak berfungsinya fitur-fitur komponen itu.

  1. Universal Data Logger

Jika Anda mengendarai kendaraan yang dimodifikasi, Universal Data Logger menjadi alat yang sangat penting. Alat tersebut dapat merekam dan menyimpan banyak data penting dari pemakaian kendaraan seperti transmisi, knock sensor operation, dan lain-lain. Data tersbeut dapat dilihat di komputer maupun smartphone.

Selain dapat menghemat uang, alat itu juga mampu mengenali masalah yang berpotensi menyebabkan kegagalan mesin atau jenis kerusakan lainnya.

  1. Fuel Consumption Meter

Alat diagnostik ini secara mampu melacak penggunaan bahan bakar dengan cara merekam dan menyimpan data jarak tempuh setiap kali Anda mengemudi dengan memanfaatkan sensor dan jaringan komputer.

  1. Battery Load Tester

Penguji beban baterai dapat digunakan untuk memeriksa kondisi baterai mobil Anda dan mengidentifikasi masalah pengisian daya atau masa pakai baterai sebelum Anda berada dalam situasi yang tidak nyaman.

Semoga tips kali ini bermanfaat dan Anda sebagai pemilik mobil dapat mempraktekkannya. Tentunya bisa menghemat pengeluaran juga.

Salam Cargo

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.