Tips Memaksimalkan Kinerja Wiper dan Washer Mobil Saat Hujan

Tips Memaksimalkan Kinerja Wiper dan Washer Mobil Saat Hujan

Hai Sobat Cargo, musim hujan bentar lagi tiba. Pastinya sebagai pemilik kendaraan harus rutin mengecek kondisi kendaraan agar tetap prima saat digunakan sehari-hari.

Ibaratnya, sedia payung sebelum hujan. Karena hujan kadangkala turun mendadak. Sehingga komponen mobil seperti wiper dan washer harus bisa dimaksimalkan dengan baik. Dengan rutin merawat dan menjaga kondisi kedua komponen tersebut, Anda yang selalu mobile dan sehari-hari di jalan, pastinya tidak perlu khawatir. Terutama saat berkendara, tiba-tiba turun hujan deras atau cuma gerimis, pengendara bisa langsung menggunakan wiper untuk membersihkan curahan air yang menempel di kaca mobil.

Namun, masih banyak pemilik kendaraan yang kurang peduli terhadap kondisi wiper dan washer. Apalagi komponen tersebut sangat rentan terhadap sinar matahari. Sehingga begitu hujan datang, pengendara baru sadar kalau ada yang tidak beres dengan wiper maupun washer mobilnya.

Tentunya hal tersebut tak jadi masalah jika Anda sebagai pemilik kendaraan sering mengecek dan merawat kedua komponen tersebut. Apalagi untuk melakukannya tidaklah sulit.

Berikut ini kami uraikan tips-tips yang bisa pengendara lakukan untuk merawat kedua komponen itu dengan baik. Karena kita berada di wilayah iklim tropis, sebaiknya karet wiper diganti tiap 6 bulan sekali. Namun jika Anda sering lupa mengecek kondisi wiper atau sering memarkir mobil di area yang kena sinar matahari langsung, maka lakukan penggantian wiper lebih awal dari jadwal biasanya.

Cek juga kondisi karet wiper, jika ternyata sudah tidak mampu menyeka air di kaca dengan baik, segera ganti dengan yang baru. Karet baru tersebut selain membuat kinerja lebih maksimal, juga menghindarkan kaca dari goresan. Anda bisa mengganti dengan wiper original atau merek yang standar bawaan pabrik. Penggantiannya pun sangat mudah tentunya dengan mengikuti petunjuk yang tertulis pada manual komponen tersebut.

Selain wiper dan karet, pastikan soket-soket yang menuju ke motor wiper kondisinya juga bersih. Jika gerak wiper sudah mulai lambat, berarti motor-nya sudah lemah. Segera periksakan komponen tersebut ke bengkel dynamo untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Lebih lanjut, cek kondisi washer. Tanpa alat tersebut, kerja wiper tak akan maksimal. Karena semprotan air ke kaca mobil sangat diperlukan, apalagi saat hujan mulai berhenti. Hal itu bertujuan membersihkan kotoran di kaca akibat cipratan dari kendaraan lain di depan.

Jangan lupa juga cek kondisi pompa air apakah masih berfungsi dengan baik. Begitu juga dengan air di dalam wadah washer, pastikan bersih dan tidak ada kotoran yang menyumbat.

Nah, demikian tips merawat mobil kali ini. Semoga kendaraan selalu dalam kondisi prima dan Anda tetap aman berkendara.

Salam Cargo.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 − 5 =