Tips Memilih Ban Mobil

Tips Memilih Ban Mobil

Saat kendaaraan mobil sedang melaju kencang, kadangkala terdengar suara bising dari luar yang masuk ke dalam kabin. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam. Antara lain peredaman mobil yang kurang hingga jenis ban mobil yang kurang cocok.

Nah, jika salah satu penyebab kebisingan yang terdengar hingga kabin dalam dari jenis ban, lantas ban apa yang cocok digunakan agar tidak mengeluarkan suara yang terlalu bising ?

Dilansir dari viva.co.id, Manager Training PT Sumi Rubber Indonesia Bambang Hermanuhadi mengatakan bahwa desain alur ban memiliki pengaruh yang signifikan pada kebisingan yang dihasilkan. Jika ban memiliki banyak alur melintang, hal tersebut akan membuat udara terjebak, sehingga menimbulkan turbulensi yang berakibat pada unculnya suara bising.

“Udara yang terjebak itu, saat ban berputar dia akan lepas dan menimbulkan suara desis,” ujar Bambang.

Selain alur ban, profil tapak ban juga mempengaruhi tingkat kebisingan yang dihasilkan ban saat bergesekan dengan jalan.

“Kalau profil tapak ban bentuknya membulat, itu lebih baik. Saat melewati jalan bergelombang dapat menyerap kejutan lebih besar dan mengurangi suara bising,” imbuh Bambang.

ban-mobil-dunlop-dengan-kembang-melintang

Contoh ban dengan batik melintang. Ban ini bagus saat aspal basah, cuma agak bising saat jalanan kering.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.