Tips Mengatasi Anak yang Mabuk Perjalanan

Tips Mengatasi Anak yang Mabuk Perjalanan

Momen lebaran sebentar lagi akan tiba dan banyak orang yang sudah siap-siap untuk mudik. Bahkan, banyak orang sudah mudik dan sampai di kampung halaman tercinta. Pastinya menyenangkan bisa berkumpul bersama keluarga besar di rumah. Apalagi jika ada anak-anak kecil yang lucu, akan menambah kemeriahan saat lebaran nantinya.

Namun, perlu Anda ketahui jika perjalanan mudik bisa saja menjadi perjalanan yang sangat menyiksa pada anak jika mereka mengalami mabuk perjalanan atau pun diare. Dua penyakit ini sering melanda pada anak saat melakukan perjalanan jauh seperti mudik.

Mabuk perjalanan biasanya disebabkan oleh konflik antara mata dan telinga. Telinga bagian dalam mendeteksi gerakan sedangkan mata tidak mendeteksi adanya gerakan tersebut. Sinyal-sinyal yang bercampur akan masuk ke otak dan dapat mengakibatkan mual, pusing, muntah, pucat dan keluar keringat dingin. Kondisi tersebut dapat terjadi saat melakukan perjalanan darat, laut ,maupun udara.

Jika anak Anda mengalami mabuk perjalanan, sebaiknya berikan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Hindarkan anak dari konsumsi makanan yang berlemak. Berikan anak Anda makanan dalam porsi sedikit dan bergizi berkali-kali. Alihkan perhatian anak untuk melihat ke luar mobil atau kendaraan agar mendapatkan udara segar.

Gunakan bantal pada anak untuk bersandar dan memenimalkan gerakan kepala. Jika menempuh perjalanan mudik yang sangat jauh jaraknya, sebaiknya berhenti beberapa kali. Saat berhenti, lakukan berjalan kaki sejenak untuk mengurangi rasa mabuk perjalanan pada anak.

Selain mabuk perjalanan, sakit diare juga sering menyerang anak saat mudik. Bakteri dan kuman mudah masuk ke dalam saluran pencernaan, apalagi jika anak Anda cenderung makan sembarangan.

Usahakan anak Anda mengonsumsi air putih saat terjadi masalah pada pencernaannya. Bawalah air putih yang kualitasnya bersih dan sehat. Karena air putih tersebut dapat digunakan untuk aktivitas seperti menyikat gigi dan mencampur makanan bayi.

Ketika anak mengalami diare, orangtua harus menjaga anak tidak dehidrasi. Air minum dan ASI bagi bayi harus terus dikonsumsi. Jangan lupa menyiapkan tisu basah dan hand sanitizer untuk menjaga tangan tetap bersih dan bebas dari kuman.

Saat perjalanan mudik dan membawa buah-buahan dan sayuran, pastikan bahwa buah dan syuran tersebut matang dan bersih. Begitu juga dengan peralatan makanan yang harus dijaga kebersihannya.

Patikan Anda menyiapkan perlengkapan yang dibawa saat mudik bersih dan terjaga dengan baik. Kalau perlu bawalah obat-obatan untuk anak jika suatu saat mengalami diare, mabuk perjalanan ataupun alergi.

Semoga ulasan di atas bermanfaat bagi Anda sekeluarga. Tetap aman dan nyaman saat mudik. Dan selamat berkumpul dengan keluarga tersayang.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.