Tips Menjaga Kesehatan Saat Mudik Lebaran

Tips Menjaga Kesehatan Saat Mudik Lebaran

Mudik sudah menjadi tradisi tahunan bagi masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri. Menempuh perjalanan jauh menuju kampung halaman di bulan Ramadhan sudah menjadi jadwal rutin setiap tahunnya. Hal tersebut pasti tidak mudah juga dilakukan. Apalagi jika menggunakan sarana tranportasi darat seperti bus, kereta api, maupun kendaraan pribadi.

Salah satu yang mempengaruhi kelancaran mudik adalah kesehatan tubuh. Pemudik perlu memperhatikan beberapa tips menjaga kesehatan saat akan melakukan perjalanan jauh agar mudiknya lancar dan badan tetap sehat selama perjalanan. Berikut ini tipsnya.

  1. Persiapan yang matang

Saat mau mudik, Anda perlu melakukan persiapan yang matang agar tetap sehat dan bugar saat sampai di kampung halaman. Kelelahan menjadi hal yang sering dihinggapi pemudik. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan tubuh dalam kondisi sehat dengan mencukupi kebutuhan tidur. Tidur selama beberapa jam sebelum berangkat bisa membuat tubuh tetap bugar saat melakukan perjalanan mudik. Untuk menghemat tenaga saat mudik, Anda bisa melakukan perjalanan setelah berbuka atau malam hari. Dengan begitu, tubuh akan lebih siap melakukan perjalanan mudik.

  1. Transportasi yang nyaman

Jangan terlalu memaksakan diri untuk mudik dengan kendaraan pribadi hanya untuk menghemat bujet mudik. Sebaiknya menggunakan moda transportasi umum yang nyaman dan bisa membuat tubuh lebih banyak beristirahat sepanjang perjalanan. Contohnya, mudik dengan naik pesawat  yang dapat mengurangi lamanya perjalanan mudik. Jangan lupa untuk memesan tiket jauh-jauh hari dan melihat penerbangan yang cocok dengan jadwal libur dan bujet.

Selain pesawat, anda bisa menggunakan kereta api atau bus, Anda bisa memilih kelas eksekutif agar dapat lebih nyaman saat menempuh perjalanan yang membutuhkan waktu lebih lama. Mudik dengan transportasi umum pun dapat berjalan lancar dan Anda dapat tetap sehat saat sampai di kampung halaman.

  1. Asupan makanan

Asupan makan sering terlupakan saat melakukan perjalanan mudik. Anda harus tetap memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh agar stamina dapat terjaga selama di perjalanan.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa mampir ke restoran atau rumah makan yang dilewati untuk sekedar istirahat atau mengisi perut. Anda bisa memanfaatkan media internet untuk mendapatkan informasi mengenai tempat kuliner yang searah dengan perjalanan Anda.

  1. Lakukan pemanasan

Dengan melakukan sedikit pemanasan sebelum melakukan perjalanan mudik akan membuat Anda terhindar dari tubuh pegal-pegal saat di perjalanan. Duduk di kendaraan dalam jangka waktu lama bisa membuat tubuh mudah terserang pegal-pegal.

Sebaiknya Anda melakukan sedikit gerakan pemanasan sebelum jalan atau saat sedang beristirahat agar tubuh terhindar dari rasa pegal. Misalnya, lakukan gerakan peregangan di area lengan, pinggang, hingga kaki sebelum berangkat atau saat sedang beristirahat di rest area.

  1. Membawa obat-obatan dan P3K

Bawalah obat-obatan ringan seperti obat anti mabuk perjalanan, flu, hingga obat untuk masuk angin. Nanatinya Anda tidak repot mencari toko terdekat untuk membeli obat-obatan saat diperlukan.

Jika Anda membutuhkan obat-obat pribadi yang harus dikonsumsi rutin, seperti obat darah tinggi, diabetes, dan lainnya, pastikan ikut terbawa saat melakukan perjalanan mudik. Jangan lupa meminum obat yang harus dikonsumsi secara rutin agar Anda dapat tetap sehat saat perjalanan mudik. Kondisi kesehatan memang menjadi faktor yang penting agar perjalanan mudik Anda tetap berjalan lancar dan nyaman.

Sekian tips mudik kali ini, selamat melakukan perjalan mudik dan tetap sehat selalu.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.