Tips Merawat Mobil Pasca Mudik Lebaran

Tips Merawat Mobil Pasca Mudik Lebaran

Sahabat sekalian, bagaimana libur mudik lebaran kali ini? Semoga liburannya menyenangkan dan Anda tetap dalam kondisi yang sehat selalu.

Setelah menjalani perjalanan mudik yang panjang, tentunya Anda tidak ingin kondisi mobil menjadi berantakan bukan? Maka dari itu, luangkan waktu sejenak untuk mengecek dan memperbaiki mobil Anda. Entah itu perbaikan interior maupun eksterior.

Mobil yang sering dipakai atau setelah melakukan perjalanan panjang seperti mudik lebaran, harus dilakukan pemulihan agar kondisi mobil kembali prima dan tetap terjaga kualitasnya. Berikut ini kami sajikan ulasan untuk mengecek dan memperbaiki kondisi mobil agar tetap prima.

1. Periksa Mesin Mobil
Pertama-tama lakukan pengecekan pada bagian mesin mobil. Periksa apakah ada suara yang aneh atau pun rembesan di mesin mobil. Lakukan penggantian oli saat kilometer kendaraan mencapai 5000km.

Selanjutnya, bersihkan filter oli. Oli merupakan komponen penting untuk menjaga kondisi mesin tetap awet. Oli berfungsi sebagai pelumas untuk mengurangi gesekan pada bagian dalam mesin mobil.

Semakin kental oli mobil, semakin baik kinerjanya bagi mesin mobil. Namun, seiring dengan pemakaian mobil, oli akan mengalami pengenceran yang juga akan mengurangi daya lumasnya. Oleh karena itu, Anda harus mengganti oli saat mencapai batas berkendara di atas.

2. Periksa Air Aki, Radiator dan Washer Wipper
Setelah mobil dipakai perjalanan mudik, lakukan pengecekan pada air aki, radiator, dan washer wipper. Jika volume air berkurang, segera tambahkan dengan air yang baru hingga mencapai batas ukuran yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing komponen tersebut.

3. Periksa Rem Mobil
Berikutnya adalah memeriksa rem mobil. Lakukan percobaan untuk memastikan kualitas serta daya cakram dari rem mobil Anda. Apabila terdapat hal yang di bawah batas normal, maka silahkan bawa kendaraan tersebut ke bengkel mobil yang ahli.

4. Periksa Kopling Mobil
Berdasarkan standar yang tepat, kopling mobil harus diganti setelah digunakan berkendara dengan jarak 70.000 km. Jika memang kopling mobil Anda sudah tidak nyaman untuk diinjak, segera ganti komponen tersebut.

5. Cek Starter Mobil
Jika setelah digunakan perjalanan mudik mobil tidak dapat dinyalakan, cobalah Anda periksa pada sistem karburator. Karena saringan karburator yang kotor dapat menyebabkan mesin mobil tidak dapat menyala. Bersihkan filter karburator dengan menggunakan sikat kecil atau pun kuas. Jangan menggunakan hair dryer karena akan merusak bagian dinding pada filter karburator mobil.

6. Tes Gas dengan Penarikan Gas yang Kuat
Tes ini bertujuan untuk mengurangi karat pada bagian mesin mobil. Namun, cukup lakukan hal ini satu hingga dua kali selama melakukan perjalanan mudik.

7. Periksa Timing Belt
Timing belt adalah sabuk yang meneruskan perputaran pada roda gigi yang terhubung ke bagian internal dari mesin mobil. Biasanya jika timing belt mengalami kerusakan, akan muncul suara dengungan pada mesin. Jika hal ini tidak segera ditangani, timing belt akan putus dan mesin mobil cepat rusak serta aliran listrik menuju akumulator tidak berjalan dengan maksimal.

8. Periksa Kaki-kaki Mobil
Pemeriksaan kaki-kaki mobil meliputi bagian shockbreaker, ketebalan ban, tie road, ball joint, serta pengecekan pada bagian kampas rem. Tentunya perjalanan mudik yang Anda lakukan akan sering menemui kondisi jalanan yang macet. Jadi, setelah balik dari mudik, Anda harus memeriksa bagian kampas rem tersebut.

Kemudian pada bagian ban, pastikan kondisi tekanan serta ketebalan kembang pada ban mobil sesuai standar. Tekanan ban yang sesuai standar berguna untuk menghindari Hydro Planning. Jika ada benjolan pada kembang ban dapat menyebabkan ban mudah meletus saat digunakan.

9. Bersihkan Interior dan Eksterior Mobil
Pasca mudik lebaran, segera lakukan pembersihan pada bagian interior dan eksterior kendaraan Anda agar tetap terjaga kebersihannya. Karena kotoran yang dibiarkan menempel terlalu lama pada bagian luar mobil dapat menyebabkan cat mobil cepat pudar dan tidak bertahan lama.

Demikian tips merawat mobil pasca mudik lebaran ini. Semoga bermanfaat dan tetap aman berkendara.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.