Modal Bisnis

Tips Untuk Mendapatkan Modal Bisnis

Modal mungkin bukan hal yang terpenting dalam berbisnis, tapi modal adalah faktor pendukung yang terpenting dalam berbisnis. Anda pasti sudah tahu hal ini, karena tanpa adanya modal sulit mengembangkan bisnis yang Anda lakukan.

Di bawah ini ada 4 cara yang bisa Anda lakukan agar bisa mendapatkan modal untuk mengembangkan bisnis :

1. Menabung

Menabung memang cara yang paling lama untuk mendapatkan modal. Tapi ini adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan tanpa membebani orang lain. Karena Anda tidak melibatkan orang lain untuk meminjamkan uangnya sebagai modal untuk Anda.

2. Menarik Pemegang Saham

Menarik pemegang saham bukanlah hal yang mudah, karena banyak rincian yang harus Anda berikan kepada mereka. Harus banyak penjelasan yang mereka terima agar mereka mau menanamkan sebagian saham mereka kepada Anda.

Proposal yang diajukan juga harus sesuai dengan keadaan bisnis yang akan Anda buat, tanpa mengurangi atau melebihkan. Membuat mereka percaya merupakan hal yang tidak mudah, karena itu akan mempengaruhi nasib bisnis Anda. Sehingga Anda dan mereka bisa mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

3. Melakukan Simpan Pinjam

Saat tidak punya modal untuk memulai bisnis, Anda bisa meminjam dana kepada lembaga simpan pinjam usaha seperti koperasi dan KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Setelah meminjam dana dan sudah bisa memulai bisnis, Anda bisa mengembalikan dana yang Anda pinjam menggunakan keuntungan yang didapatkan dari usaha. Namun, Anda tetap harus bisa menjaga konsistensi usaha agar tetap mendapatkan keuntungan.

4. Menjual Ide

Berikutnya yaitu jual ide, dan mengajak seseorang untuk menjadi partnership. Bila orang tersebut bersedia menjadi partner maka dia akan ikut terjun langsung. Untuk lebih meyakinkan bisa memberikan jaminan berupa sertifikat ataupun latar belakang. Buat orang itu percaya kepada Anda, katakan padanya bahwa dia harus cepat, karena ini menguntungkan dan sekali lagi sebutkan keuntungan-keuntungan tersebut. Namun ide ini benar-benar harus teraplikasi secara baik, dan benar-benar memberikan keuntungan untuk pemberi modal.

Gunakanlah 4 cara di atas yang menurut Anda cocok untuk mendapatkan modal agar dapat mengembangkan bisnis tanpa ada pihak yang dirugikan. Karena jika salah untuk menggunakan cara tersebut, pastinya akan mempengaruhi usaha kedepannya. Penting sekali untuk menghindari pinjam dana dari para rentenir atau bank yang menggunakan suku bunga yang besar, karena itu sangat berisiko besar.

Bunga yang sangat besar akan merusak usaha Anda, karena penghasilan yang seharusnya bisa Anda jadikan untuk mengembangkan bisnis malah dipakai untuk membayar bunga yang tidak ada habisnya. Apalagi jika pinjaman yang Anda lakukan itu sangat besar.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.