Terkait Pesawat Slip, Bandara Adisutjipto Perpanjang Penutupan Hingga Hari Ini

Terkait Pesawat Slip, Bandara Adisutjipto Perpanjang Penutupan Hingga Hari Ini

Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta ditutup sementara untuk evakuasi pesawat Boeing 737-800 NG milik maskapai Garuda Indonesia yang tegelincir keluar landasan pada pukul 19.50 Rabu malam (1/2/2017).

Penutupan sementara berdasarkan Notam (Notice to Airman) no.  B0749/17 yang dikeluarkan Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Kepala Bagian Kerjasama dan Humas Ditjen Perhubungan Udara, Agoes Subagio mengatakan, “Isi Notam adalah penutupan sementara Bandara Adi Sutjipto pada hari ini mulai pukul 20.06 WIB sampai dengan 23.00 WIB. Penutupan bandara tersebut terkait dengan evakuasi pesawat Garuda Indonesia yang mengalami insiden di runway 09/27 bandara tersebut.”

Pihaknya juga memohon maaf kepada seluruh penumpang yang terdampak atas penutupan sementara bandara Adi Sutjipto.

“Kami menyampaikan bahwa bandara ditutup sementara untuk evakuasi badan pesawat yang berada di luar runway menuju tempat yang aman serta menunggu investigasi dari tim KNKT,” ujar Agoes.

Lebih lanjut Agoes mengatakan, Garuda Indonesia dan maskapai lainnya beserta pihak pengelola bandara berusaha memberikan layanan sebaik-baiknya pada penumpang yang terdampak berdasarkan peraturan yang berlaku.

Sebagai informasi, pesawat Boeing B737-800 NG  dengan registrasi PK GNK yang dioperasikan oleh Garuda Indonesia keluar landasan sesaat setelah mendarat di Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta sekitar pukul 19.50 WIB.  (Baca juga : Garuda Indonesia Tergelincir di Bandara Adisutjipto Saat Landing)

Namun perlu diketahui, karena landasan 09/27 bandara Adi Sutjipto hingga kini masih terhalang pesawat Garuda Indonesia yang slip dan sedang proses evakuasi, penutupan bandara Adi Sutjipto diperpanjang hingga pukul 10.00 WIB hari ini.

Agoes Soebagio mengatakan bahwa penutupan bandara Adi Sutjipto diperpanjang berdasarkan Notam B0754/17 yang menggantikan Notam B0749

“Notam B0754/17 menggantikan Notam B0749/14 bahwa runway 09/27 Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta ditutup pada 1 Pebruari 2017 pukul 22.40 WIB s.d 2 pukul 10.00 WIB karena terhalang oleh pesawat,” ujar Agoes.

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.